Catalunya Merdeka, Barca Bisa Pindah ke Serie A, Ligue 1, Atau EPL


Barcelona sedang berada di persimpangan jalan. Mereka harus melihat jauh ke masa depan sebagai langkah antisipasi kondisi politik yang pastinya akan memberikan dampak besar bagi Barca.

Saat ini referendum Catalunya tengah menjadi perbincangan hangat di seluruh dunia. Salah satu kemungkinan yang bisa terjadi adalah Catalunya memisahkan diri dari Spanyol. Jika hal itu terjadi, maka Barcelona akan memiliki masalah yang cukup pelik.

Jika sudah bukan menjadi bagian Spanyol, ada kemungkinan Barcelona harus meninggalkan la Liga. Javier Tebas, Presiden la Liga, sudah pernah mengatakan bahwa Barcelona tak bisa bertahan di la Liga jika Catalunya merdeka.

Presiden Barca, Josep Maria Bartomeu, mengaku masih belum memikirkan liga mana yang akan dipilih Barca nantinya. Barca kabarnya memiliki tiga opsi; tetap di La Liga, menggelar liga sendiri di Catalunya, atau bergabung ke Ligue 1 Prancis. Bartomeu mengatakan bahwa keputusan soal itu akan diambil oleh para anggota klub.

"Seandainya Catalunya merdeka, pihak klub dan para anggotanya yang akan menentukan liga mana yang akan kami pilih. Saat ini kami tengah menjalani masa sulit dalam hal kepastian untuk masa depan. Ini rumit dan kami akan memikirkannya dengan tenang dan bijaksana," terang Bartomeu kepada Marca.

Menteri Olahraga Catalunya, Gerard Figueras mengakui bahwa Barcelona bisa 'numpang' di liga negara lain seandainya Catalunya mereka. "Kalau catalunya merdeka, tiga tim Catalan di la Liga (Barcelona, Espanyol, dan Girona) harus memutuskan di mana mereka akan bermain. Tetap di La Liga, atau pindah ke negara tetangga seperti Italia, Inggris, atau Perancis."


-Depo Rp.100.000 Dapatnya Rp.125.000
-Depo Rp.500.000 Dapatnya Rp.650.000
-Depo Rp.1.000.000 Dapatnya Rp.1.500.000